Jumat, 14 desember 2018

Skripsi/Tugas Akhir

A.     Tugas  Akhir

 

Untuk penyelesaian studi pada pendidikan program sarjana, Fakultas Sains Terapan Unsur menetapkan tiga jenis tugas akhir yang harus dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir (semester VI s/d VIII).  Sebelum menjalankan tugas akhirnya mahasiwa diharuskan menyelesaikan seluruh kewajiban keuangan hingga semester VIII.  Adapun bentuk-bentuk tugas akhir adalah  sebagai berikut:

1)      Praktek Kompetensi Profesi (PKP), yaitu kegiatan untuk mendapatkan pengalaman ilmu pengetahuan dan teknologi  dengan cara membandingkan teori yang diperoleh  dalam kuliah dengan yang terjadi di lapangan (dhi. perusahaan, industri, lembaga pemerintah).  Dalam kegiatan PKP, mahasiwa juga dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengidentifikasi masalah dan memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut. Penilaian PKP ini  didasarkan atas laporan yang disusun oleh mahasiswa dalam bentuk yang memenuhi persyaratan karya ilmiah.

2)      Penelitian dan SkripsiPenelitian merupakan  kegiatan dalam upaya menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi model, atau informasi baru yang memperkaya ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau kesenian.  Penelitian dapat berupa  percobaan laboratorium, percobaan lapangan, survei lapangan, data sekunder atau studi pustaka.  Pilihan bentuk penelitian  diarahkan oleh Dosen pembimbing tugas akhir yang telah ditetapkan oleh Fakultas atau Program Studi. Skripsi adalah laporan tertulis dari hasil penelitian, merupakan karya ilmiah dalam profesi keilmuan  untuk meningkatkan kemampuan analisis berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah. Penilaian untuk kegiatan penelitian ini dilakukan dalam bentuk: (1) seminar proposal penelitian, (2)  penulisan skripsi, (3) seminar hasil penelitian, dan (4) ujian skripsi atau sidang komprehensif.

Seminar Akademik, adalah penyampaian secara oral di depan audiens tentang materi terkait dengan multimedia:  (1)  proposal penelitian, dan (2) hasil penelitian.  Sejak pemberlakuan kurikulum 2008, nilai Seminar Akademik adalah nilai seminar tersebut di atas yang diakumulasi dengan nilai mata kuliah Penyajian Ilmiah dan Multimedia, dengan bobot 20% adalah nilai seminar dan 80% adalah nilai Penyajian Ilmiah dan Multimedia.

 

B.     Pembimbingan Tugas Akhir

 

Tiap mahasiswa yang  akan melakukan tugas akhir yaitu yang telah menempuh ≥ 110 sks dan telah menyelesaikan seluruh kewajiban keuangannya akan diberikan dosen pembimbing.  Jumlah dosen pembimbing untuk tugas akhir (penelitian) ditentukan minimum sebanyak 2 (dua) orang, terdiri dari Pembimbing I dan Pembimbing II.   Pembimbing I juga berkewajiban membimbing Praktek Kompetensi Profesi (PKP).  Penunjukan dosen pembimbing akan ditetapkan dengan keputusan Dekan atas usul Ketua Program Studi.  Tugas Dosen pembimbing adalah membantu kelancaran mahasiswa dalam mempersiapkan, menjalankan dan menyelesaikan tugas akhir yang dijalankannya hingga pelaporannya. Dosen Pembimbing I bertanggungjawab 70% terhadap isi (content) skripsi dan 30% redaksional. Sementara Dosen Pembimbing II adalah sebaliknya. Apabila terjadi ketidaksepahaman antara kedua dosen pembimbing, maka perlu dilakukan komisi pembimbing guna menyatukan pemahaman.

 

C.     Gelar Akademik

 

Gelar akademik dan sebutan profesi yang diberikan kepada lulusan perguruan tinggi  dicantumkan dalam ijazah.  Pada ijazah, selain gelar akademik dan sebutan profesi, dicantumkan juga nama fakultas, dan program studi.   Gelar akademik untuk lulusan Fakultas Sains Terapan Univ. Suryakancana adalah sebagai berikut:

1)    Lulusan Program Studi Agroteknologi bergelar Sarjana Sains (S.Agr)

2)    Lulusan Program Studi Agribisnis bergelar Sarjana Sains (S.Agr)

3)    Administrasi Bisnis Internasional bergelar serjana (S Tr.AB)

 

D.     Wisuda

 

Wisuda adalah upacara akademik berupa rapat terbuka Senat Universitas Suryakancana Cianjur yang dilaksanakan dalam rangka  penyerahan ijazah kepada para lulusan.  Sebelum diwisuda, lulusan  harus sudah menyelesaikan persyaratan akademik dan administrasi.

 

Berdasarkan SK Dirjen Dikti no. 163/DIKTI/Kep/2007, Fakultas Sains Terapan UNSUR melakukan peninjauan dan penyesuaian kurikulum untuk nama Program Studi baru yang telah disesuaikan. 

Informasi Lainnya