Mata Kuliah Prodi Agroteknologi

MATA KULIAH YANG DIASUH OLEH PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

 

1.  AGR2201 - Pengantar Ilmu Pertanian

Membahas pengertian  dan sejarah perkembangan  pertanian.  Sistem  pertanian  yang meliputi  sub-sub sistem produksi, pasca-panen dan konsumsi.  Kelembagaan-kelembagaan kegiatan pertanian.   Peranan ilmu dasar dalam sistem pertanian.   Pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap  sumberdaya pertanian dan lingkungan hidup.   Peranan sector pertanian  dalam pembangunan nasional   yang mencakup kegiatan  peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, peningkatan  produk domestik bruto, peningkatan devisa, pengembangan industri dan industrialisasi  pertanian.  Peranan pendidikan  serta pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi dalam pembangunan pertanian.

 

2.  AGR3202  - Dasar-dasar  Agronomi

Membahas peranan tanaman dalam kaitannya dengan kebudayaan, kemajuan ekonomi dan kecukupan pangan dan gizi suatu masyarakat atau  negara untuk memotivasi usaha peningkatan  produksi tanaman.  Konsep aliran  enerji dalam pertanian  dan peningkatan efisiensi  penggunaan enerji untuk budidaya.  Asal-usul, klasifikasi, fungsi dan struktur  morfologi tanaman.  Pertumbuhan  tanaman  dengan fase-fasenya, bersangkutan  dengan perimbangan  penggunaan dan penumpukan  karbohidrat, untuk mengatur  keseimbangan  fase pertumbuhan.  Faktor keliling yang mempengaruhi  pertumbuhan dan hasil produksi tanaman.   Reproduksi dan cara pembiakan  tanaman, pembibitan dan teknologi benih.  Tehnik budidaya, membahas aspek  panca usaha  lebih mendasar.  Sistem budidaya:  tanam ganda, sawah, ladang, perkebuhan.  Praktikum:  praktek untuk mengenal penggunaan sarana produksi dan mempelajari faktor  produksi, pengaruhnya terhadap  pertumbuhan dan hasil tanaman agronomi.  Melaksanakan percobaan lapang, pengamatan, analisis dara dan membuat laporan ilmiah.

 

3.  AGR3201Agroklimatologi

Mempelajari variasi iklim dan cuaca dalam hubungannya dengan pertanian tanaman.  Menggali potensi atmosfer, cuaca dan iklim  untuk memperoleh  produksi tanaman  sebaik-baiknya.   Pembahasan meliputi  variasi ketinggian tempat, lintang dan tipe iklim, musim (hujan dan kemarau), dan kadar air tanah, terutama pengaruhnya  terhadap kesesuaian  varietas dan produksi tanaman.    Pola pergiliran tanaman dan  jadwal tanam dan panen.  Pewilayahan iklim untuk  tanaman.  Pelbagai bencana di bidang pertanian  yang diakibatkan  oleh cuaca ekstrim.

 

4.  AGR3304  -  Budidaya Tanaman Pangan

Produksi tanaman pangan utama :    Budidaya padi, serealia dan legum.  Pembahsan meliputi  peranan ekonomi, asal dan adaptasi, botani dan fisiologi, lingkungan dan syarat tumbuh serta prospek pengembangannya di Indonesia.

 

5.  AGR3203 – Dasar Perlindungan Tanaman

Memberikan pengertian dasar tentang perlindungan tanaman dalam ruang lingkup pertanian:  taksonomi dan morfologi, biologi, ekologi hama dan patogen tanaman.  Berbagai cara dan metode pengendalian hama dan penyakit tanaman.

 

6.  AGR3306 -  Produksi Tanaman Hortikultura

Ciri tanaman dan budidaya hortikultura.  Perkembangan hortikultura di Indonesia dan dunia. Fase pertumbuhan dan manipulasi  mengatur keseimbangan. Teknik produksi tanaman hortikultura (pesemaian, pengem-bang-biakan secara vegetatif, penanaman, pemeliharaan, panen dan pasca panen).  Cara pencegahan penyakit selama masa tanam.

 

7.  AGR3305 -  Produksi Tanaman Perkebunan

Peranan perkebunan  dalam pembangunan  pertanian.  Ekofisiologi   :   syarat tumbuh,  fisiologi, pertumbuhan dan perkembangan tanaman.  Budidaya tanaman perkebunan :  pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemungutan hasil kelapa sawit, kakao dan Teh.

 

8.   AGR3308  -  Produksi dan Teknologi Benih

Pengertian dasar tentang ilmu benih  dan teknologi benih, cakupan dan orientasinya serta permasalahan yang dihadapi  dalam periode pembangunan benih,  periode simpan dan periode kritis  benih.   Memberikan pemahaman tentang  tata-niaga benih dan  manajemen produksi benih serta perkembangan pembenihan di Indonesia.

 

9.   TEK3301  -  Panen dan Teknologi Pasca Panen

Pengertian dan ruang lingkup.  Penanganan pasca panen tanaman pangan dan hortikultura.  Teori-teori dasar  penanganan pasca panen:  pembersihan, sortasi dan grading, pengeringan, penggilingan (size reduction), pengemasan, penyimpanan, mutu hasil, material handling, diagram alir proses dan tapak pabrik.  Fisiologi pasca panen.  Indeks kematangan, cara – cara perlakuan, cara pencegahan penyakit pasca panen.  Sortasi, grading dan  memperpanjang masa simpan hasil segar mulai dari pra penen sampai dengan pasca panen untuk sayuran, bunga, buah, teh. kelapa sawit, dan kakao. Penentuan  kehilangan hasil selama penanganan pasca panen.  Kegiatan dan teknologi penanganan pasca panen berbagai komoditas pangan.  

Praktikum:   menerapkan metode-metode  pengukuran kadar air, waktu  panen optimum, kehilangan hasil  selama proses  pasca panen, analisis mutu, penyimpanan dan studi kasus  masalah pasca panen di tingkat petani.

 

10.AGR3315  -  Pemuliaan Tanaman

Pengetahuan dasar dan wawasan tentang  pemuliaan tanaman dan pentingnya penggunaan  benih unggul bermutu  tinggi.  Pengertian pemuliaan tanaman secara konvensional dan non konvensional dan penerapannya dalam peningkatan produksi tanaman. Peranan  pemuliaan dalam  peningkatan produksi tanaman  dan produksi benih.  Pemuliaan tanaman sebagai ilmu terkait  erat dengan genetika.  Memperkenalkan  pengembangan genetika tersebut  dalam prinsip-prinsip  pemuliaan tanaman.   Berbagai metode seleksi baik pada tanaman menyerbuk sendiri maupun menyerbuk silang.  Pengembang biakan tanaman secara vegatatif untuk varietas unggulan.Potensi fisiologis dan ekologis dalam pemuliaan tanaman.  Berbagai metode pemuliaan tanaman  dan pemanfaatan plasma nutfah.  Praktikum:   pengenalan biologi bunga dan berbagai metode  seleksi  dan hibridisasi.  Pengamatan  terhadap  keragaman tanaman serta cara menghitung hereditas tanaman.

 

11.BIO3209  -  Mikrobiologi Dasar

Mempelajari dasar-dasar  mikrobiologi, berbagai macam struktur  dan aktivitas sel, nutrisi, produksi dan pemanfaatan enerji untuk pertumbuhan, aspek genetika, proses pengendalian  dan pendaya-gunaan kelompok utama mikroorganisme  terutama bakteri.

 

12.BIO3303- Genetika Dasar

Sejarah genetika, konsep genetika mendel, dasar pewarisan sifat tanaman.  Kromosom, mitosis dan meiosis.  Proses informasi genetika, mutasi gen dan mutasi kromosom serta penerapan genetika dalam pemuliaan.

 

13.BIO3210- Bioteknologi Tanaman

Pengertian bioteknologi tanaman.  Pembiakan mikro, sumber explant.  Teknologi DNA rekombinan.  Kultur sel, kultur jaringan dan kultur organ.    Aspek hukum, sosial dan etika dalam bioteknologi.

 

14.TNH3201  -  Dasar-Dasar Ilmu Tanah

Pengadaan dan tersedianya  unsur hara tanaman dalam tanah mineral.  Beberapa sifat fisik tanah mineral.  Koloid tanah, sifat fisik dan arti praktikalnya.  Organisme tanah.  Bahan organic tanah.  Air tanah, ciri dan sifatnya.   Kehilangan air dalam bentuk  uap dan pengaturannya.  Kehilangan air dalam bentuk cairan dan pengaturannya.   Udara dan suhu tanah.  Asal dan sifat klasifikasi  bahan induk.  Pembentukan dan klasifikasi tanah.  Tanah organic: sifat, ciri dan penggunaannya.   Reaksi tanah, kemasaman dan kebasaan.  Kapur dan hubungannya dengan tanah – tanaman.   Nitrogen dan belerang tanah.  Suplai dan ketersediaan  fosfor dan kalium, unsur mikro

 

15.AGR3409 – Pengembangan Pertanian Berkelanjutan

Mata kuliah ini mempelajari tentang erosi dan akibatnya, penurunan produktivitas tanah, prediksi erosi,   teknik dan metode konservasi tanah, reklamasi lahan kritis dan tecemar, model-model pertanian pertanbaian konservasi; pentingnya system pertanian berkelanjutan; definisi, konsep, landasan, tantangan dan indikator keberlanjutan; sejarah, konsep, perundang-undangan system pertanian organik; industri organik, sertifikasi pertanian organik; SRI, benih dan varietas untuk pertanian organik; faktor fisik, kimia dan biologi; siklus nutrisi (NPK); cover crop, pupuk hijau dan kompos; integrated pest & weed management dalam pertanian organic; penyimpanan, penanganan, prosessing dan pemasaran produk organik.

 

16.BIO3202 – Klasifikasi Tanaman

Mengeksplorasi teknik untuk mengidentifikasi tanaman di lapangan menggunakan alat sederhana seperti lensa tangan dan mikroskop bedah, penekanan akan ditempatkan pada tumbuhan vascular, tapi jenis lain akan dibahas dan dipelajari di kelas, laboratorium dan lapangan.

 

17.AGR3307 – Perbanyakan Tanaman

Continues to study the principles and practices in the propagation of plants; covers facilities, equipment, and supplies used in propagation.Prinsip-prinsip dan praktek dalam penyebaran tanaman, meliputi fasilitas, peralatan, dan perlengkapan yang digunakan dalam propagasi.

 

18.STA3404 -  Perancangan percobaan

Rancangan struktur  perlakuan untuk percobaan dengan faktor tunggal atau lebih.  Asas pokok percobaan untuk pengendalian keragaman pengganggu.    Kelebihan dan kekurangan rancangan percobaan baku (RAL, RAK.Rancangan bujur sangkar dan rancangan petak terbagi).  Analisis ragam,  pembanding rataan perlakuan.  Pemeriksaan terhadap  anggapan-anggapan statistika. 

 

19.STA3407 -  Metode Ilmiah

Pengertian mengenai daya penalaran, pendekatan perencanaan pemecahan masalah secara ilmiah.  Pengenalan dan pemanfatan ragam informasi ilmiah/kepustakaan.  Metode penulisan karya ilmiah Jenis-jenis metode penelitian   :  Survey research.  Membahas  ciri-ciri tulisan ilmiah dan cara berfikir ilmiah.  Keobjektifan, kebenaran.  Membahas penalaran, hipotesis, pengamatan dan percobaan.  Kerangka tulisan ilmiah, laporan ilmiah dan penyajian hasil.

 

20.AGR316  -  Praktek Keterampilan Profesi

Memberikan pengalaman dan pengetahuan praktis  mengenai seluruh aspek produksi dan pengelolaan  lapang produksi pada keadaan yang sebenarnya.

 

21.AGR618  -  Skripsi

Mempelajari dan  membahas  peranan berbagai factor produksi terhadap hasil tanaman.  Hal ini dipelajari  dalam kaitannya dengan  tindakan agronomis/ aspek budidaya dengan bimbingan dosen  pembimbing dan tugas-tugas  percobaan lapangan maupun laboratorium. Skripsi dapat merupakan laporan dari kegiatan penelitian maupun magang (terlibat langsung dalam proses produksi)  yang diselesaikan dalam satu semester di antara kegiatan kuliah lainnya.

 

22.STA3405 – Penyajian Ilmiah Dan Multimedia

Penyampaian hasil penelitian atau magang dalam rangka penyusunan skripsi dengan multimedia. Multimedia adalah penggabungan beberapa buah media yang berlainan dalam sebuah program interaktif. Matakuliah ini memberi pengenalan tentang berbagai jenis media (teks, gambar, audio, dan video), definisi beserta karakteristiknya, cara penyimpanan, dan manipulasinya.

 

23.TEK3302 – Pengolahan Pangan

Penerapan prinsip-prinsip kimia, mikrobiologi dan keteknikan dalam proses  pengolahan  dan  pengawetan  pangan  dengan mempertimbangakan  faktor  mutu  (fisik,  kimia,  gizi,  sensori,  dan mikrobiologis)  dan  penerimaan  produk.    Materi  meliputi  teknologi penanganan  bahan  segar,  pengolahan  minimum,  penggunaan suhu rendah  (pendinginan  dan  pembekuan),  suhu  tinggi  (pengeringan, evaporasi,  penggorengan),  ekstrusi,  pengawetan  makanan  dengan konsentrat  gula  dan  garam,  pengawetan  pangan  dengan  termal (pengalengan), dan iradiasi. Diskripsi  berbagai  produk  olahan  pangan,  baik  nabati,  hewani maupun perikanan seperti pembuatan jam, jelly, manisan, sosis, nugget, es krim dan lain-lain.

 

24.TEK3303 – Pengolahan Bio-Energi

Pengenalan berbagai teknologi konversi biomassa untuk menghasilkan bahan bakar padat, cair dan gas melalui proses densifikasi, pirolisis, liquifikasi dan gasifikasi.   Beberapa dasar-dasar contoh perhitungan rancang bangun peralatan konversi serta diskusi tentang kemajuan terakhir teknologi konversi biomassa. Analisis sistem pemanfaatan energi biomassa untuk berbagai proses termal dan pembangkitan tenaga/listrik seperti untuk keperluan rumah tangga, industri kecil dan menengah.

 

25.TAN3303 – Teknologi Pengolahan Tanah

Pengertian, cakupan, prinsip, dan permasalahan pengelolaan tanah yang berkelanjutan, serta berbagai upaya peningkatan produktivitas tanah dikaitkan dengan sistem pertanian organik. Kondisi umum dan permasalahan tanah daerah tropika (basah dan kering) serta faktor utama yang mempengaruhi pengelolaan tanah. Pengenalan sifat dan ciri tanah (struktural dan fungsional), interpretasi potensi dan kendala, serta upaya pengelolaan tanah-tanah bermasalah. Berbagai contoh permasalahan dan penanggulangan/perbaikan pada tanah: kondisi basah (gambut, sulfat masam, pasang surut),lahan kering iklim kering (Alfisol, Aridisol, tanah bergaram), lahan sawah, dan kondisi khusus (Andisol, Vertisol). Penyusunan makalah dan diskusi secara kelompok mengenai berbagai pengelolaan tanah.

 

Informasi Lainnya