Jumat, 14 desember 2018

Mata Kuliah Agribisnis

 MATA KULIAN YANG DIASUH OLEH PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

 

1.   SEP3205  - Ilmu Usaha Tani

Ruang lingkup usaha tani.  Usaha tani dan kedudukannya dalam sistem agribisnis. Faktor-faktor produksi dalam usaha tani.  Aplikasi ekonomi dalam usaha tani.  Analisis pendapatan dan efisiensi usaha tani.  Pembukaan usaha tani.  Kaitan usaha tani dengan kegiatan bisnis dan ekonomi pengembangan kegiatan usaha tani.

 

2.   BIS3406 – Manajemen Mutu

Konsep dasar mutu,  pengendalian mutu total, komponen system dan biaya mutu, lmu usahanik-lmu usahanik pengendalian proses dengan menggunakan analisis bahaya dan titik kendali kritis, penggunaan matematik untuk identifikasi masalah, lmu usahanik statistic pengendalian proses, lmu usahanik sampling peneriamaan dan kurva perlindungan konsumen,  konsep jaminan mutu, konsep ISO-9000 dan ISO-14000. Pekerjaan rumah, Makalah.

 

3.   SEP3505 -  Sosiologi Pedesaan  

Pola-pola kebudayaan, proses-proses  sosial, lembaga kemasyarakatan,  group sosial, organisasi sosial, sistem sosial dan pelapisan masyarakat, pola hubungan antar suku bangsa, pola komunikasi, kekuasaan dan wewenang, keluarga dan peranan wanita,  bentuk masyarakat dan adaptasi ekologi,  perubahan sosial, antara sosiologi penerapan dan pemikiran sosial.  Praktikum:  Diskusi kelompok dan diskusi panel,  pengamatan dan penelaahan dengan menggunakan konsep-konsep  sosiologi pedesaan di daerah pedesaan.

 

4.   SEP3504  -  Ilmu Sosial Budaya Dasar

Pengertian sosiologi, ruang lingkup sosiologi, statistika dan dinamika masyarakat.

 

5.   MAT3207  -  Analisis Regresi dan Korelasi

Pengertian tentang data, sebaran data, sifat-sifat data.  Ukuran pemusatan, ukuran penyebaran data.  Simpangan, simpangan baku, galat.  Peubah, parameter, peubah bebas, peubah tak bebas.  Hubungan antar  kumpulan data,  korelasi linier.  Hubungansebab-akibat  antar variable.  Regresi linier sederhana.  Uji hipotesis mengenai suatu parameter dan kaitannya dengan selang kepercayaan.  Penerapan metode kuadrat terkecil dalam menentukan parameter regresi linier sederhana.  Analisis keragaman (ANOVA).  Pengunaan komputer untuk melakukan analisis regresi linier sederhana, regresi linier berganda, analisis keragaman.  Metode  transformasi.

 

6.   MAN3408 -  Sistem Informasi Manajemen 

Pentingnya manajemen informasi.  Manajer modern.  Keterampilan manajemen.  Data dan informasi.  Organisasi dan pelayanan informasi.  Kebutuhan sistem informasi yang lengkap.  Komputer sebagai elemen dalam sistem informasi.   Evaluasi sistem informasi dengan menggunakan komputer.  Model Sistem informasi.  Database,  komunikasi data, sistem informasi manajemen dan Teknologi informasi bidang pertanian.

 

7.   SEP3209 -  Ekonomi Pertanian

Pengertian tentang  ruang lingkup dan metode dalam  ekonomi pertanian.  Ciri-ciri pertanian, peranan sumberdaya (faktor produksi), peranan kelembagaan dalam produksi dan pemasaran pertanian.  Prinsip-prinsip ekonomi  dalam pertanian, penawaran (produksi) dan permintaan.  Peranan ekonomi  dalam pembangunan  pertanian dan permasalahan-permasalahannya.

 

8.   LUH3306 Komunikasi Dan Penyuluhan Pertanian

Terminologi, definisi, tujuan, konteks, dan sejarah ilmu komunikasi, perkembangan ilmu penyuluyan pertanian.  Proses-proses dan level komunikasi, komunikasi non verbal, teori dan model-model komunikasi interpersonal. Analisis transaksional, komunikasi ujaran.  Komunikasi kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi lintas budaya.  Falsafah dan prinsip-prinsip penyuluhan pertanian.  Proses adopsi dan pengambilan keputusan innovasi,  proses difusi  inovasi dan kategori adapter.  Komunikasi interpersonal dalam  penyuluhan  pertanian.   Metode penyuluhan pertanian.  Dasar-dasar penyusunan program penyuluhan  pertanian,  dasar-dasar evaluasi program penyuluhan pertanian.  Program dan kelembagaan penyuluhan pertanian.

 

9.   SEP3207  -  Ekonomi Makro

Memberikan pemahaman mengenai prinsip dasar (kerangka) ekonomi makro yaitu konsep dan perhitungan  pendapatan nasional, indeks harga kesempatan kerja dan sukubunga.  Keseimbangan pasar produk dan pasar uang serta  permintaan agregat.   Keseimbangan pasar tenaga kerja dan fungsi produksi serta penawaran  agregat.   Keseimbangan statis dan dinamis serta hasil empiris yang mendukung kerangka ekonomi makro.  Isu-isu ekonomi makro, yaitu inflasi, pengangguran, pendapatan nasional, pertumbuhan dan neraca pembayaran.  Praktikum:  pendalaman materi dan pembahasan  kasus-kasus sejalan dengan ruang lingkup kuliah.

 

10.BIS3304  -  Akuntansi Manajemen

Mata kuliah ini diawali dengan pemahaman mengenai dasar-dasar dari konsep dan tujuan dari akuntansi biaya. Menjelaskan perbedaan antara job-order dan process dari suatu konsep cost accumulation, perhitungan/penentuan total costs, costs per unit dan cost flows. Selanjutnya mata kuliah ini diakhiri dengan suatu konsep standard costs, selisih/variances dan ayat-ayat jurnal yang berkaitan dengan standard costing.

11.BIS3302 – Kredit Bank dan Kewirausahaan

Pemahaman atas pentingnya kewirausahaan dan peran wirausaha .  Pengertian dan unsur kewirausahaan.  Kondisi wirausaha di Indonesia.  Pengembangan mental wirausaha.  Ciri-ciri khusus wirausahawan.    Memulai bisnis :  peluang bisnis, manajemen bisnis, dan mengevaluasi bisnis.

 

12.SEP3206  -  Ekonomi Mikro

Ruang lingkum ekonomi mikro, konsep industri, konsep maksimisai dan minimisasi, teori permintaan, teori produksi, teori biaya produksi, teori biaya tradisional dan moderen, penentuan harga pada  pasar produk, pasar factor, teori keseimbangan umum dan ekonomi kesejahteraan.  Praktikum:  pendalaman materi dan pembahasan kasus-kasus sejalan dengan ruang lingkup kuliah.

 

13.BIS3405  -  Koperasi dan Kemitraan Bisnis

Peranan koperasi dalam pembangunan.  Arti, tujuan, prinsip , jenis dan tingkatan koperasi.   Penerapan teori ekonomi dan sosiologi dalam koperasi.  Sejarah perkoperasian, organisasi, usaha, permodalan dan manajemen koperasi.  Sikap  dan kebijakan pemerintah di bidang perkoperasian.  Pembinaan koperasi yang mencakup criteria kemajuan, identifikasi, pemecahan masalah dan langkah-langkah pembinaan koperasi.

 

14.SEP3208  -  Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan

Ruang lingkup ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan, Konsep sumberdaya alam, pemanfaatan sumberdaya alam yang berwawasan lingkungan, permasalahan umum yang menyangkut pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan.  Sumberdaya lahan, sumberdaya air,  sumberdaya perikanan dan sumberdaya hutan:  sifat dan peranan masing-masing sumberdaya alam  tersebut dalam perekonomian Indonesia, factor-faktor yang mempengaruhi masing-masing sumberdaya.  Sumberdaya alam yang tak terpulihkan, mineral dan enerji.   Sumberdaya alam dan lingkungan, sistem pemanfaatan sumberdaya alam, eksternalitas dan kebijakan dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

 

15.BIS3301  - Manajemen Agribisnis

Memberikan pemahaman kepada mahasiswa  tentang berbagai konsep dan aspek manajemen agribisnis  khususnya tentang penerapannya pada perusahaan agribisnis.   Ruang lingkup manajemen agribisnis.  Manajemen perusahaan agribisnis, prinsip-prinsip manajemen perusahaan agribisnis,  strategi pemasaran, manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen sumberdaya manusia dan perencanaan strategis.  Prinsip kewirausahaan agribisnis, manajemen koordinasi sistem agribisnis, manajeman pembangunan agribisnis.

 

16.BIS3407  -  Bisnis Internasional

Pengenalan konsep dan informasi tentang berbagai asset  dan isu perdagangan internasional.  Ruang lingkup perdagangan internasional dan pernanan perusahaan bisnis internasional. Dasar teori ekonomi dan kerangka kerja institusi bisnis internasional, evaluasi batasan dan kendala lingkungan dalam bisnis internasional.  Manajemen operasi perusahaan yang menjalankan perdagangan internasional.  Isu-isu strategis dan isu-isu regional dalam bisnis internasional.   Tantangan pengembangan bisnis internasional:  etika dan perubahan lingkungan.

 

17.SEP3411  -  Praktek Keterampilan Profesi

Mahasiswa melakukan praktek tentang keilmuan yang telah diterimanya selama perkuliahan pada  instansi pemerintah, lembaga kemasayarakatan, perusahaan atau lembaga lainnya yang sesuai dengan profesi yang akan ditekuni mahasiswa yang bersangkutan.  Pendalaman tentang masalah-masalah bisnis secara umum, pengelolaan produksi, serta aspek-aspek yang terkait dengan pemasaran dan lingkkungan bisnis.

 

18.SEP6412  -  Skripsi

Berbagai aspek sosial ekonomi pertanian dikaitkan dengan  permasalahan yang sedang aktual di masayarakat dan minat  tiap mahasiswa.  Setiap mahasiswa diharuskan mengenal, mempelajari dan menganalisis  permasalahan nyata di lapangan, di tingkat komunitas, kelembagaan dan organisasi social dengan menggunakan teori-teori yang telah diperoleh selama tujuh semester.

 

19.BIS3305  -  Studi Kelayakan Usaha

Pengertian dasar tentang proyek, manfaat dan biaya,  identifikasi manfaat dan biaya suatu proyek,  criteria investasi dan kelayakan proyek.   Penilaian harga-harga bagi manfaat  dan biaya secara finansial dan ekonomi.  Beberapa metode penentuan peringkat  dalam pemilihan proyek-proyek.   Mutually exclusive dan keunggulan komparatif.  Permasalahan yang berkaitan dengan  eksternalitas dan penilaian barang publik.

 

20.MAT3301  -  Ekonometrika

Pendekatan dan model ekonometrika, regresi sederhana dan regresi berganda.  Pendugaan parameter, pengujian hipotesis dan pemilihan model.  Pelanggaran asumsi dasar, konsekwensi pengujian dan perbaikan.  Peubah boneka, model peluang linier, probit dan logit.  Model sebaran lamban dan model sistem persamaan simultan.

 

21.SEP3410  -  Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian

Mempelajari tentang tipe dan metode penelitian untuk bidang social ekonomi pertanian, proses penelitian survei, penentuan variable dan hubungan antar variable.  Pengumpulan data (penentuan sampel, pembuatan kuesioner, tehnik wawancara),  pengukuran dan penyusunan skala, reliabilitas dan validitas instrumen penelitian.  Analisis data, pengkodean data, penggunaan aplikasi komputer, menulis proposal penelitian dan penelusuran puataka.

 

 

22.MAN3202 - Teori Pengambilan Keputusan

Mata kuliah ini membahas pengambilan keputusan dalam keadaan ketidakpastian, risiko dan ketergantungan. Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai proses keputusan, model dan nilai kemungkinan, preferensi atas risiko dan fungsi utilitas, klasifikasi keputusan, tujuan dan kriteria majemuk, model-model relevan dalam TPK (decision tree, game theory dan lain-lain), kriteria majemuk dalam kepastian, serta kriteria majemuk dalam ketidak pastian.

23.MPK3105 - Etika  Bisnis

Tujan pembelajaran mata kuliah ini adalah agar para mahasiswa memiliki kemampuan dalam mengkaji makna istilah moral dan logika dari penalaran moral yang terkait dengan bisnis dan pelakunya yaitu pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik etika, pengambilan keputusan yang etis, memahami hubungan bisnis dan moral, mempertanggungjawabkan setiap keputusan secara moral, dan pertanggungjawaban dunia bisnis terhadap sosial.
Materi perkuliahan meliputi : pengertian etika bisnis, jenis etika, teknik mengambil keputusan etis, hubungan bisnis dan moral, pertanggungjawaban moral dan pengawasan moral, dan etika mencapai laba yang layak.

 

24.MAN3305 - Manajemen Keuangan

Ruang Lingkup dan kegunaan manajemen keuangan dalam agribisnis; analisis laporan keuangan; Perencanaan keuangan jangka pendek; manajemen modal kerja meliputi manajemen kas, piutang, persediaan dan utang dagang; Perencanaan investasi dalam agribisnis; Analisis kelayakan investasi; Lembaga keuangan di Indonesia.

 

25.MAN3306 - Manajemen Produksi Dan Operasi

Ruang Lingkup dan kegunaan manajemen produksi dalam agribisnis; Strategi produksi; Manajemen proses; Manajemen teknologi; Manajemen tenaga kerja; Manajemen Kualitas; Kapasitas; Lokasi; Layout; Supply-chain manajemen; Peramalan; Manajemen Persediaan; Perencanaan agregat; Perencanaan kebutuhan bahan; Penjadwalan; Manajemen Proyek.

 

26.MAN3303 - Manajemen Pemasaran

Ruang Lingkup dan kegunaan manajemen pemasaran dalam agribisnis; Macam pasar agribisnis: pasar input, pasar hasil, pasar olahan, wholesale dan retail, layanan pangan, Proses manajemen pemasaran agribisnis, Analisis manajemen pemasaran: analisis situasi pasar, analisis pelanggan; analisis pesaing; analisis perusahaan; Segmentasi, targeting dan positioning; Penyusunan Strategi Pemasaran; Bauran Pemasaran: Produk, Harga, Distribusi dan Promosi; Product Life Cycle; Evaluasi manajemen pemasaran; Penyusunan Marketing Plan dan kasus manajemen pemasaran.

 

 

27.MAN3304 – Manajemen Sumber Daya Manusia

Mata kuliah ini diberikan pada semester 4, yang  membahas persoalan sumberdaya manusia dari aspek mikro (organisasi, perusahaan) maupun dalam aspek makro (kependudukan). Adapun pokok bahasannya meliputi konsep-konsep manajemen sumberdaya manusia, analisis kebutuhan kerja dan analisis jabatan, perencanaan tenaga kerja, rekrutmen, seleksi dan penempatan, pengembangan karyawan, pendisiplinan karyawan, evaluasi kinerja karyawan, sistem kompensasi kerja, analisis konflik dan integrasi karyawan, audit personalia, analisis pemutusan hubungan kerja, perencanaan sumberdaya manusia, analisis tingkat ketergantungan penduduk, tingkat partisipasi tenaga kerja, tingkat pengangguran dan tingkat kesejahteraan karyawan secara sektoral maupun regional.

 

28.MAN3307 - Manajemen Strategik

Ruang Lingkup dan kegunaan manajemen strategik dalam agribisnis; Tujuan Perusahaan; Perencanaan Srategis; Analisis dan Diagnosis Lingkungan; Analisis dan Diagnosis Keunggulan Strategi; Alternatif Strategi; Pemilihan Strategi; Implementasi Strategi; Kebijakan Fungsional; Evaluasi Strategi.

 

29.MAN3209 – Perilaku Organisasi

Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pandangan yang realistik tentang orang yang bekerja dalam organisasi. Setelah mempelajari dan memahami matakuliah ini, peserta diharapkan memiliki konsep dan pengertian tentang teori, hasil riset dan aplikasi pengelolaan perilaku organisasional. Pemahaman atau konsep Perilaku Organisasional sangat penting artinya untuk mempertajam seni mengambil keputusan bisnis di lingkungan yang memiliki turbulensi perubahan yang tinggi seperti saat ini.

 

30.SEP3402 - Dinamika Pembangunan Desa

Pergeseran Nilai dalam Konsep Pembangunan; Dinamika Pembangunan: Konsep dan Strategi; Model-model Pembangunan yang Berorientasi pada Pertumbuhan, Model-model Pembangunan yang Berorientasi pada Kebutuhan Dasar; Model-model Pembangunan yang Berorientasi pada Keberlanjutan; Aspek Sosial Budaya dalam Pembangunan Pedesaan; Masalah-masalah pembangunan Pedesaan; Strategi dan Program-program pembangunan pedesaan; Kelembagaan dan Kader Pembangunan; Prospek dan Alternatif Pembangunan Pedesaan.

 

31.BIS3302 – Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan komunikasi baik secara lesan atau tulisan dalam dunia bisnis. Disamping prinsip-prinsip dasar berkomunikasi, materi komunikasi bisnis juga mencakup bagaimana proses penulisan, pelaporan, serta keberhasilan berkomunikasi melalui pemanfaatan berbagai media komunikasi yang ada saat ini termasuk didalamnya pengenalan dunia internet dengan berbagai fasilitas yang ada. Berbagai bekal dalam memasuki dunia kerja juga menjadi pokok bahasan didalamnya, misalnya bagaimana membuat surat lamaran kerja, resume, wawancara kerja, dan presentasi bisnis. Seiring dengan semakin derasnya era globalisasi, maka komunikasi lintas budaya juga dibahas didalamnya.

32.LUH3301 -  Manajemen Penyuluhan

Memberikan  pemahaman  mengenai berbagai  teori, konsep dan tehnik penyuluhan.  Prinsip-prinsip dan fungsi-fungsi  manejemen.  Media penyuluhan dan komunikasi penyuluhan. Penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam penyuluhan pertanian.  Mengembangkan kemampuan serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam melakukan penyuluhan kepada petani. 

Informasi Lainnya